Genset

Kenali Tanda Pada Genset Cummins Saat Terjadi Gejala Kerusakan

Tanda awal Genset Cummins mulai mengalami masalah akan terlihat dari munculnya simbol unik dalam layar atau lampu indikatornya. Anda harus mulai peka dengan setiap kinerja pada genset, terlebih jika ada kendala ringan seperti air di bak tampungan akan habis hingga kerusakan fatal.

Simak Tanda Pada Genset Cummins Ada Kerusakan  

  1. AC Sensing Loss

Simbol ini akan terlihat saat tombol pengontrol tidak mampu mendeteksi tegangan keluaran atau output AC set genset usai pemberhentian handel atau engkol. Bagian kotak kontrol akan memperlihatkan pemberitahuan AC Sens Loss Warning. 

  1. Battery Charger Fault

Hal ini terjadi karena adanya salah pasang baterai genset terhadap komponen output malfungsi. Pada layar akan muncul notifikasi Peringatan berupa “Batt Chg Flt Warning”. Anda bisa merubah komponen tersebut hingga pada layar tidak akan muncul warning tersebut. 

  1. Low Battery Voltage

Adalah sebuah tanda yang akan memberikan suara atau sirine ketika tegangan pada komponen baterai mengalami down atau turun. Baterai yang level tegangannya di bawah standar akan segera memberikan peringatan sekitar 90 detik. Selain suara sirine pada layar juga akan muncul pemberitahuan bahwa “Peringatan Baterai Lemah”.

  1. Low Engine Oil Level

Adalah sebuah tanda dimana minyak oli di bagian dalam mesinnya mulai mengalami kapasitas rendah dengan peringatan pada layarnya bahwa oli mesin mulai turun dari level standarnya. Bahaya jika minyak pelumasnya habis dan tidak segera diisi maka mesin akan langsung memanas dan kerusakan singkat terjadi. 

  1. Low Oil Pressure

Tekanan minyak oli yang tidak sesuai standar levelnya membuat mesin genset cummins tidak bisa berfungsi atau selama 30 detik usai sistem diaktifkan. Dengan adanya tampilan pada layar genset akan membantu Anda dalam mengatur sistem kontrol mesin agar segera dibenahi. 

  1. Not in Auto (Generator Master Control Switches)

Tanda ini akan muncul dengan suara melengking ketika tombol pengatur bagian master masuk ke mode Run atau Off/Reset. Maka dalam layarnya akan muncul tulisan Not In Auto Warning. 

  1. Overcrank

Adalah sebuah indikasi yang akan muncul dengan warna merah dimana handel engkol berhenti ketika unit tidak mulai masuk dalam kinerjanya. Tulisan yang muncul pada layar adalah Over Crank Shutdown.

  1. Undervoltage

Adalah sebuah tanda dengan lampu indikator berwarna merah diiringi bunyi alarm. Selain itu, ada bagian komponen genset mati diakibatkan oleh penurunan tegangan. Pada layarnya akan terlihat tulisan Volts (L1–L2, L2–L3) Low Shutdown. 

Genset Cummins yang terkendala bisa dikenali dari tanda di atas sebagai bentuk warning atau peringatan dini agar genset segera dilakukan perbaikan. Sayangnya, istilah tanda kerusakan pasti berbeda di setiap merek gensetnya sehingga Anda butuh panduan khusus agar bisa mengenali semua gejala kerusakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *