Alat Masak

Ingin Membeli Kompor Listrik? Berikut Trik untuk Memilih yang Terbaik

Pengguna kompor listrik, akhir-akhir ini semakin meningkat. Apabila Anda termasuk pemula dalam pemakaiannya dan hendak membeli juga sebuah kompor listrik, maka Anda bisa mengikuti trik untuk memilihnya berikut ini.

  • Sesuaikan daya

Trik pertama yang perlu Anda lakukan ketika hendak membeli sebuah kompor listrik adalah menyesuaikan daya dari kompor listrik dengan kapasitas listrik di rumah.

Hal ini penting karena jika Anda memilih kompor yang memiliki daya lebih tinggi dari kapasitas listrik rumah, maka Anda perlu mematikan alat elektronik lain sebelum memakai kompor tersebut.

  • Pilih Jenis Kompor Listrik yang Sesuai

Perlu diketahui kalau kompor listrik terbagi atas dua jenis yaitu kompor listrik induksi dan kompor listrik konvensional. Meskipun sama-sama memakai listrik sebagai sumber energinya, kedua jenis kompor listrik ini memiliki cara kerja yang berbeda.

Karena itulah, sebelum membeli, Anda disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu apa saja kelebihan serta kekurangan dari keduanya.

  • Sesuaikan Ukuran Kompor dengan Tempat untuk Menyimpannya

Trik untuk memilih kompor listrik yang selanjutnya adalah sesuaikan ukuran kompor dengan tempat yang akan Anda gunakan untuk menyimpannya.

Point yang satu ini, tidak boleh diabaikan karena nantinya dapat membuat Anda kerepotan sendiri ketika hendak menggunakannya.

  • Pilih Tipe Pemanas yang Hendak Anda Gunakan

 Kompor listrik memiliki dua jenis pemanas yang perlu Anda ketahui yaitu model kawat dan juga model pelat.

Kompor listrik dengan tipe pemanas pelat memiliki permukaan yang lebih rata. Sementara, kompor listrik dengan model kawat memiliki kawat spiral yang dibuat dari bahan tembikar putih.

  • Pastikan Jumlah Tungku

Seiring dengan perkembangan zaman, kompor listrik juga telah menyediakan pilihan jumlah tungku yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda tinggal sendirian, maka kompor listrik dengan satu tungku sangat cocok Anda miliki. Selain ukurannya yang mungil, kompor listrik dengan satu tungku juga lebih hemat daya.

  • Pastikan Fitur Keamanan

Untuk perasaan aman dan nyaman selama memakai kompor listrik, sebelum membelinya jangan sampai lupa untuk memastikan apa saja fitur keamanan yang dimiliki oleh kompor listrik yang akan Anda beli.

Contoh fitur keamanan yang ditawarkan oleh sebuah kompor listrik adalah auto termostat yaitu fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat suhu menjadi lebih stabil.

  • Perhatikan juga Desain Kompor Listrik

Supaya bisa menggunakan kompor listrik dengan menyenangkan, ada baiknya perhatikan juga desainnya.

Anda sangat disarankan untuk memilih kompor listrik yang memiliki desain ergonomis. Contoh point yang perlu Anda perhatikan ketika memilih kompor listrik adalah warna kompor yang tidak mudah pudar serta anti slip.

Itulah dia trik untuk memilih kompor listrik  yang sesuai untuk Anda, terutama yang belum paham benar dengan tata cara pakai dari kompor listrik. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk menemukan kompor listrik yang cocok untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *