Kuliah Online

Mengenal Jurusan Kuliah Ilmu Bisnis Digital

Apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan kuliah ilmu bisnis digital? Jurusan ini sedang populer karena memang kita sedang hidup di zaman digital. Sehingga, banyak sekali kesempatan karir yang tersedia di industri ini. Sebelum memutuskan untuk belajar jurusan ini, inilah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang jurusan bisnis digital.

Sekilas Tentang Jurusan Ilmu Bisnis Digital

Jurusan bisnis digital merupakan bidang studi yang mempelajari bagaimana menciptakan sebuah bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital. Jurusan ini sebenarnya menggabungkan beberapa bidang studi lain, yaitu ilmu bisnis, manajemen, teknik informatika, dan sistem informasi. Sehingga kalian akan mempelajari ilmu-ilmu tersebut jika masuk jurusan bisnis digital.

Jurusan ini hadir karena perkembangan teknologi digital yang sangat pesat, sehingga diprediksikan masa depan akan didominasi oleh sistem digital. Jurusan bisnis digital bertujuan untuk mempersiapkan dan membekali sumber daya manusia di bidang digital, kecerdasan buatan, big data, dan marketplace.

Apa Saja Yang Dipelajari di Ilmu Bisnis Digital?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ilmu bisnis digital mempelajari berbagai macam ilmu, termasuk ilmu bisnis dan sistem informasi. Sehingga, mata kuliah yang diajarkan pun juga beragam. Contohnya, perilaku konsumen, manajemen bisnis, sampai manajemen media sosial, user experience, dan programming.

Selain bidang studi bisnis dan teknologi digital, mahasiswa jurusan bisnis digital juga akan mempelajari tentang teori dasar yang berkaitan dengan bisnis secara umum. Misalnya, kewirausahaan, hukum bisnis, dan inovasi. Di akhir semester perkuliahan, mahasiswa diwajibkan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari dengan melaksanakan program kerja praktik, magang, atau lainnya.

Prospek Karir Lulusan Ilmu Bisnis Digital

Kita semua sudah melihat bagaimana sistem digital berkembang sangat cepat. Di Indonesia sendiri, transaksi e-commerce mencapai Rp. 401 triliun pada tahun 2021. Hal ini menyebabkan munculnya berbagai profesi baru di dunia digital. Ada banyak profesi yang menanti jika kamu berhasil menyelesaikan studi di jurusan bisnis digital.

Beberapa di antaranya adalah data scientist, marketing analyst, website developer, konsultan media sosial, dan konsultan start-up. Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di ilmu bisnis digital?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *