Ice Machine

3 Proses Pembuatan Yang Bisa Dijalankan Mesin Es Krim Gelato

Memakai mesin es krim gelato atau gelato ice machine dipilih sejumlah orang untuk mempercepat proses pembuatannya. Hasil yang diberikan pun tak kalah nikmat dari gelato yang diolah secara manual. Lantas, apa Anda sendiri sudah tahu proses-proses yang dipakai untuk menciptakan gelato?

Jenis proses pembuatan gelato

Gelato mempunyai sejarah panjang sebelum dikenal sebagai salah satu dessert populer di dunia. Salah satu versi terdekat yang mencatat penggunaan mesin berasal dari Sisilia, Italia. Adalah Francesco Procopio dei Coltelli, seorang nelayan yang berhasil menciptakan alat khusus pembuat es krim pada 1686 hingga mampu menjual gelato buatannya di Paris, Prancis.

Sebelum mengandalkan mesin es krim gelato, dessert ini memakai proses old fashioned. Bahan sederhana seperti telur dimanfaatkan sebagai penstabil ke dalam bahan baku utama gula dan susu. Setelah itu, adonan dipanaskan dalam mangkuk atau panci untuk kemudian ditempa yang akan menghasilkan tekstur padat dan halus.

Sementara proses pembuatan yang mengandalkan mesin dibagi menjadi tiga jenis, antara lain:

  1. Hot process

Hot process atau proses panas sering dipakai pembuat gelato dengan mesin pasteurizer. Alat ini memungkinkan pemanasan bahan-bahan dessert dalam suhu 85oC dalam 5 detik. Sistem kendali yang ada pada proses ini pun memungkinkan stabilisator dan pengemulsi berfungsi optimal untuk menghasilkan campuran yang aman dikonsumsi.

Setelah diproses dengan mesin es krim gelato, campuran akan dipindahkan ke freezer supaya membeku. Anda pun harus segera mengaduknya supaya tergabung ke dalam gelato. Dengan begitu, kristal es yang memberikan tekstur lembut akan terbentuk.

  1. Cold process

Kali pertama dikembangkan pada 1980, cold process lebih sederhana dibandingkan hot process. Pasalnya, And atak akan menggunakan mesin pasteurizer yang menghemat biaya maupun ruang untuk menyimpannya. Semua bahan gelato akan dicampurkan dalam satu wadah bersama rasa untuk kemudian disimpan di dalam freezer.

Kepraktisan yang ditawarkan cold process jadi pilihan orang-orang yang ingin membuat gelato sederhana atau memulai usaha kuliner. Selain itu, kualitas dan rasa yang diberikan sama dengan pembuatan mesin es krim gelato pada hot process.

  1. Sprint process

Sprint process menghadirkan cara efisien dalam menghasilkan gelato, bahkan Anda tak perlu bimbingan ahli untuk membuatnya. Langkah-langkahnya terbilang mudah, cukup campurkan air, susu, dan perasa sesuai selera ke dalam pengemulsi dan stabilisator. Kemudian, bahan-bahan yang sudah tercampur tadi tinggal dimasukkan ke tempat freezer.

Tahap ini bertujuan untuk mengurangi risiko kesalahan yang terjadi dalam pembuatan gelato. Kemudian, konsistensi rasa pun akan terjaga cukup lama. Anda yang ingin mengembangkan toko gelato dijamin terbantu mengingat produksinya yang relatif cepat.

Semoga Anda dapat memilih proses yang sesuai sebelum menggunakan mesin es krim gelato!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *