Mesin Kopi

Fungsi Dan Cara Kerja Mesin Coffee Espresso, Penggemar Kopi Wajib Tau!

Kopi menjadi salah satu minuman yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Perpaduan rasa manis serbuk kopi dan manis gula asli membuat minuman ini menjadi nikmat dan cocok dipadukan dengan berbagai jenis makanan ringan. Agar lebih mudah bisa menggunakan mesin coffee espresso.

Namun tidak semua orang mengetahui fungsi dan cara kerja mesin ini. oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan dengan lebih detail. Simak ulasan berikut!! 

Fungsi Mesin Coffee Espresso

Ngemil sambil ngopi sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa terlepas dari masyarakat. meskipun sekarang sudah banyak kopi kemasan yang dijual di pasaran, tentu rasanya akan berbeda jika serbuk kopi yang diminum dibuat sendiri. salah satu biji kopi yang sering digunakan yaitu kopi espresso. 

Untuk menikmati biji kopi espresso, tentu dibutuhkan sebuah proses dengan menggunakan mesin coffee espresso. Dengan menggunakan mesin ini, dijamin pekerjaan yang anda lakukan akan lebih mudah dan menghemat waktu. 

Di era serba mudah seperti saat ini, banyak pekerjaan manusia yang digantikan dengan mesin. Kopi yang awalnya dibuat dengan cara manual, sekarang ini sudah dengan menggunakan mesin canggih yang disebut dengan mesin coffee espresso. 

mesin kopi espresso menjadi salah satu mesin yang berperan penting dalam pembuatan kopi mulai dari ekstrak biji hingga menghasilkan shot espresso secara otomatis. Mesin ini sangat praktis, yang terpenting bisa membantu dalam proses pembuatan kopi. 

Mesin espresso tergolong mesin yang menghasilkan kopi cepat tapi tetap higienis. Jadi, anda yang sudah ingin menikmati kopi, bisa langsung seduh dan keturutan dalam waktu singkat tanpa harus pergi ke cafe. 

Cara Kerja Mesin Coffee Espresso

Cara kerja mesin ini sangat mudah dan praktis. Bagi anda pemula tentu cara ini sangat mudah dipahami dan dipraktikkan di rumah. Anda tidak perlu repot pergi ke cafe untuk bisa menikmati secangkir kopi dengan makanan ringan atau gorengan. Berikut cara kerjanya: 

  1. Panaskan air dalam boiler yang terbuat dari stainless steel hingga mencapai suhu 93 derajat Celsius. 
  2. Giling biji kopi yang akan digunakan sampai teksturnya halus. Umumnya lebih halus dari kopi tetes. 
  3. Setelah halus, tempelkan kopi di portafilter yaitu berupa keranjang yang terbuat dari logam dengan pegangan. Kemudian ratakan agar kopi terdistribusi secara merata dan terkemas dengan rapi. 
  4. Kunci portafilter kedalam mesin. Aktifkan pompa dan air panas dialirkan melalui kopi dengan tekanan tinggi selama 20 sampai 30 detik. 
  5. Kumpulkan perasan kopi espresso ke dalam cangkir . ulangi proses serupa untuk menghasilkan kopi espresso. 

Mesin kopi ini cukup beragam jenisnya, ada yang dioperasikan secara otomatis, manual, semi otomatis, atau full otomatis. Jadi anda bisa melakukan pembelian sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dengan menggunakan lap basah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *