Jual Besi

Apa Itu Besi UNP Galvanis Dan Fungsinya

Berbicara tentang UNP galvanis, baja ringan ini sudah terkenal akan kekokohannya dan durabilitasnya. Tidak heran jika besi UNP sering menjadi pilihan utama dalam konstruksi gedung atau bangunan tahan gempa. Mari simak fungsi dan pengertian dari besi UNP di bawah ini.

Pengertian Besi UNP

Besi UNP adalah salah satu dari jenis besi kanal. Besi kanal dikelompokkan menjadi dua jenis, UNP CNP. Bentuk dari besi CNP seperti huruf ā€œCā€, sehingga dinamakan CNP. Di lain sisi, besi UNP adalah besi yang memiliki bentuk serupa huruf ā€œUā€.

Dua varian ini biasa ditemukan dalam konstruksi besi pada bangunan. Meskipun terbuat dari bahan yang sama, kegunaan dan karakteristik kedua besi tersebut berbeda. 

Besi CNP cenderung digunakan di bidang otomotif, konstruksi atap, dan bidang industri. Sedangkan UNP lebih cocok dijadikan di konstruksi bangunan. Selain itu, kegunaan dari besi UNP akan dibahas lebih detail di bawah ini.

Fungsi Besi UNP

Besi UNP memiliki fungsi yang beragam di dunia konstruksi. Sebab utama dari hal tersebut tentu dari kekuatan besi yang tangguh dan kokoh. Pengaplikasian dari UNP galvanis sangat luas, mulai dari pembangunan rumah, gedung perkantoran, sampai kontruksi bak truk atau mobil pickup.

Besi UNP juga lebih sering digunakan sebagai purlin. Purlin adalah balok penutup rangka atap. Besi UNP juga biasa dijadikan sebagai material girt, struktur horizontal yang menahan dinding. Girt dan purlin bekerja sama untuk menjadikan sebuah bangunan menjadi kokoh, tahan angin kencang, dan tahan gempa.

Selain itu, besi UNP digunakan untuk kerangka bangunan karena memiliki kualitas dalam menahan gempa. Dalam beberapa kasus, besi UNP juga biasa digunakan untuk konstruksi rangka tangga, anak blok, gardu listrik, bak mobil, sampai kontainer sampah. Bisa dikatakan, besi UNP adalah baja ringan yang sangat multiguna.

Usai sudah pembahasan UNP galvanis serta fungsinya. Besi UNP adalah salah satu besi yang sudah sangat familiar dalam dunia konstruksi bangunan. Pastikan anda memahami karakter dan kegunaan dari besi yang satu ini untuk bisa mendapatkan manfaat penuh darinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *