Dokter Gigi

Mari Berkenalan Dengan Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut

Bagi pasien awam yang belum mengenal dunia spesialisasi dari bidang kedokteran gigi, pasti menganggap bahwa dokter gigi memiliki banyak sekali pekerjaan. Padahal seperti dokter pada umumnya, dokter gigi spesialis bedah mulut memiliki bidang pekerjaannya tersendiri.

Lebih Jauh Tentang Dokter gigi spesialis bedah mulut 

Dokter spesialis ini memiliki gelar SpBM. Seperti dokter gigi pada umumnya, latar belakang pendidikan dokter bedah mulut adalah kedokteran gigi. Setelah menyelesaikan studi tersebut, mereka akan menyelesaikan di bidang ilmu bedah mulut.

Pendidikan dokter bedah mulut dapat ditempuh selama 8-10 semester untuk mendapatkan gelar dokter gigi secara umum terlebih dahulu. Setelah itu melanjutkan studi spesialisasi bedah mulut selama lebih kurang 12 semester.

Keahlian yang harus dimiliki oleh seorang SpBM adalah tindakan bedah rahang, operasi gigi bungsu dengan berbagai faktor kendala, penanaman implan gigi, operasi tumor dan penyakit pada rongga mulut, leher, dan kepala, bedah koreksi asimetri wajah, bedah sendi rahang, dan sebagainya.

Dokter bedah mulut juga harus sanggup melakukan diagnosa, melakukan pencegahan, dan perawatan yang lebih baik. Biasanya SpBM akan berkolaborasi dengan dokter bedah THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), dokter onkologi, dan dokter bedah plastik.

Tindakan yang Harus Ditangani oleh Dokter Bedah Mulut

Sebelum melakukan tindakan, seorang dokter bedah mulut akan menyelidiki riwayat kesehatan sekaligus gejala-gejala yang dialami pasien. Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh pada gigi, mulut, dan rahang.

Tidak jarang juga dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen gigi, mulut, dan rahang, CT Scan, atau bahkan MRI jika mendapat rekomendasi. Beberapa pasien juga diharuskan melakukan tes darah dan pengambilan sampel untuk mengetahui secara pasti kondisi mulut gigi, dan rahang pasien.

Hasil pemeriksaan tersebut akan menjadi bahan utama dokter gigi spesialis bedah mulut dalam menentukan tindakan yang tepat agar keluhan pasien bisa teratasi. Penanganan yang diberikan bisa berupa prosedur medis atau obat-obatan.

Beberapa tindakan yang biasanya dilakukan oleh dokter bedah mulut adalah:

  1. Pencabutan gigi hingga ke akarnya
  2. Pemasangan implan gigi yang melibatkan cangkok tulang
  3. Operasi rahang
  4. Pengangkatan tumor, kanker, atau kista di mulut
  5. Bedah sendi rahang
  6. Operasi kelainan bentuk mulut
  7. Operasi kelenjar air liur

Waktu yang Tepat untuk Periksa ke Dokter Bedah Mulut

Gangguan pada mulut atau rahang harus segera ditangani. Jika dibiarkan, Anda bisa mengalami beragam keluhan yang menghambat aktivitas sehari-hari, misalnya saat makan dan berbicara.

Oleh sebab itu, jika dirasa rahang terasa nyeri atau kaku, gusi nyeri, bentuk rahang tidak selaras dengan gigi, sulit mengunyah, kelainan bentuk rahang, dan keluhan yang berkaitan dengan gigi dan rahang. Sebaiknya lakukan pemeriksaan bersama dokter gigi spesialis bedah mulut untuk mendapatkan penanganan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *