Gigi

Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan

Pasang gigi palsu memang bisa menjadi solusi untuk gigi yang keropos atau tanggal. Gigi palsu dirancang dengan fungsi yang sama seperti gigi asli, yang artinya Anda bisa menggunakannya untuk mengunyah makanan. Untuk menjaga kualitas serta kebersihan gigi tiruan, ada beberapa langkah perawatan yang harus Anda lakukan.

Bersihkan Gigi Tiruan Setelah Makan

Pastikan Anda selalu membersihkan gigi palsu Anda sehabis makan. Bersihkan secepat mungkin karena sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi palsu bisa saja mengubah warnanya. Bilas gigi palsu dengan air bersih dan keringkan dengan tisu secara perlahan. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya kembali.

Sikat Gigi Palsu Secara Teratur

Jika Anda sering menggunakan gigi tiruan untuk waktu yang lama, gigi palsu tersebut rentan menjadi tempat bertumbuhnya bakteri. Karena itu, penting bagi Anda untuk menyikat gigi palsu Anda secara teratur. Hal ini untuk menghindari masalah mulut dan gigi yang ditimbulkan dari gigi palsu yang kotor. Jangan menyikat gigi tiruan saat Anda masih menggunakannya.

Disarankan untuk melepas gigi palsu terlebih dahulu, baru kemudian menyikatnya sampai bersih. Gunakan sikat gigi berbahan lembut serta pasta gigi khusus gigi palsu. Pastikan sikat gigi tidak abrasif sehingga tekstur gigi tiruan tetap terjaga dengan baik. Dokter gigi Anda biasanya akan merekomendasikan sikat serta pasta gigi khusus untuk gigi tiruan.

Rendam Gigi Palsu pada Malam Hari

Merendam gigi palsu pada malam hari bertujuan untuk menjaga bentuknya agar tidak berubah. Hal ini karena gigi palsu dibuat agar bertahan di area yang lembab dan basah seperti mulut. Sehingga, meletakkan gigi palsu di tempat yang kering akan mengubah bentuknya. Rendamlah gigi tiruan Anda dengan segelas air atau cairan khusus.

Anda juga bisa merendamnya dalam segelas air yang dicampur dengan pembersih gigi palsu. Ingat, jangan gunakan air panas untuk merendam gigi palsu. Suhu air yang tinggi justru akan mempengaruhi bentuknya.

Itu tadi adalah cara merawat gigi tiruan agar tahan lama setelah pasang gigi palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *