Gigi

Pilih Klinik Dokter Gigi Terdekat Atau Rumah Sakit Di Situasi Darurat?

Apakah Anda pernah mengalami situasi darurat yang berhubungan dengan gigi? Contoh saja jatuh yang menyebabkan benturan area mulut dan gigi jadi rontok. Apakah Anda memilih ke klinik dokter gigi terdekat atau rumah sakit untuk UGD?

Tergantung Dari Situasi

Jika masalah pada gigi tidak terlalu parah, seperti hanya gigi tanggal beberapa setelah terjatuh, klinik terdekat masih bisa digunakan. Namun, jika situasi serius sampai berdarah banyak dan rasa sakit tidak tertahan, lebih baik hubungi ambulan saja untuk segera masuk UGD.

Pertimbangan situasi ini terkesan mudah secara teori, tapi saat kondisi panik di situasi darurat, keputusan lebih sulit diambil. Karena itu, lebih aman jika Anda memiliki simulasi situasi terlebih dahulu sebelum mengalami kondisi darurat ini.

Situasi yang Lebih Cocok Untuk Pergi Ke Klinik

Untuk mempermudah Anda mengambil keputusan, mari bahas beberapa contoh situasi yang cukup pergi ke klinik dokter gigi terdekat saja. Berikut adalah contoh situasi tersebut:

  • Pastikan fungsi tubuh lain tidak masalah. Contoh saja saat gigi lepas dan gusi berdarah saja, Anda tidak masalah pergi ke klinik. Namun, jika sudah sampai terasa pusing, mual, rahang sulit digerakan terjadi, lebih baik pergi ke rumah sakit saja.
  • Anda tidak sendiri saat mengalami situasi darurat. Karena ada orang lain, mereka dapat membantu Anda pergi ke klinik.
  • Anda tahu jadwal klinik terdekat. Jika Anda tahu pasti bahwa klinik buka, tentu tidak masalah berkunjung ke klinik tersebut. Namun, apabila tidak yakin, lebih baik pergi ke rumah sakit saja.
  • Anda bisa kontak dokter klinik langsung. Beberapa keluarga pasti punya kenalan dokter langganan. Jika klinik gigi Anda bisa hubungi untuk situasi darurat ini, Anda bisa coba datang ke klinik dekat tersebut.

Dalam kondisi situasi di atas, Anda aman pergi ke klinik terdekat. Apalagi jika tidak perlu pengobatan serius. Pihak klinik juga masih bisa mengarahkan Anda ke rujukan dengan ambulan bila ternyata perlu layanan serius.

Namun, alangkah lebih aman jika Anda ke UGD langsung jika tahu situasi darurat tergolong parah. Jangan sampai mengambil resiko untuk kondisi diri hanya untuk pergi ke klinik dokter gigi terdekat saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *