Atap

Merawat Genteng Ringan Terbaik Agar Awet Dan Tahan Lama

Sudahkah Anda melakukan perawatan genteng ringan terbaik pada hunian? Genteng menjadi material penting pada suatu bangunan yang seringkali kurang diperhatikan.

Padahal penting melakukan perawatan agar genteng lebih awet tahan lama. Coba bayangkan jika atap rumah mengalami kerusakan atau bocor, tentu nantinya akan membutuhkan biaya perbaikan berlebih.

Proses Perawatan Genteng

Kira-kira bagaimana cara merawat genteng? Karena Anda merasa sulit untuk merawat genteng maka Anda enggan hanya sekedar untuk membersihkannya. Agar genteng awet tahan lama, Anda perlu membersihkan dari kotoran.

Jika Anda merasa berat karena harus naik ke bagian atap, coba saja menggunakan jasa khusus yang bisa membersihkan genteng. Genteng mudah terkena kotoran seperti daun kering yang berguguran, kotoran hewan hingga kotoran mengganggu lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya minimal dalam waktu 1 bulan sekali. Tidak hanya menjaga kebersihan atap tapi sekaligus Anda bisa mengecek apakah ada kerusakan lain di bagian-bagian tertentu.

Setelah melakukan pengecekan dan menemukan ada bagian yang rusak, Anda akan lebih cepat melakukan tindakan penanganan yang tepat. Seperti misalnya ada bagian genteng yang pecah atau rusak maka Anda bisa segera menggantinya dengan genteng yang baru. Tidak perlu mengganti seluruh permukaan genteng cukup ganti saja bagian genteng yang rusak.

Perhatikan posisi genteng rumah saat Anda menggantinya dengan genteng ringan terbaik yang baru. Tidak jarang saat melakukan penggantian genteng ada saja yang kurang memperhatikan posisi genteng baru tersebut. Meski sudah diganti namun jika posisinya kurang tepat tentu bisa kembali menyebabkan kebocoran. 

Tidak hanya saat mengganti genteng baru saja tapi cek kembali posisi genteng lain yang mungkin posisinya mulai merosot. Dengan begitu dapat meminimalisir terjadinya kebocoran ketika turun hujan.

Apakah cukup dengan mengganti dan merapikan posisi genteng agar tidak terjadi bocor? Sebagai bentuk antisipasi yang tepat, Anda perlu melapisi genteng dengan menggunakan cat khusus anti bocor. Fungsi menggunakan cat pelapis anti bocor agar memperkuat struktur luar genteng yang rentan dari terjadinya kerusakan.

Meminimalisir kerusakan pada genteng bisa dilakukan dengan membeli genteng yang terbuat dari material awet dan kuat. Namun setiap jenis genteng yang terbuat dari material khusus tentu memiliki keunggulan dan kelemahan. Usahakan selalu memilih genteng yang sesuai berdasarkan kebutuhan model hunian Anda.

Jangan sampai Anda memilih genteng hanya karena tergiur tawaran harga murah namun tidak sesuai dengan spesifikasi hunian. Karena hal tersebut bisa mengurangi estetika hunian Anda. Yang terpenting adalah menyesuaikan besaran anggaran dengan jenis material genteng yang kuat dan tahan lama.

Meskipun Anda memilih genteng ringan terbaik yang bagus namun tidak sesuai dengan anggaran, justru nantinya dapat memberatkan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *