Dokter Gigi

Pilih Dokter Gigi Anak Bekasi Terbaik, Bukan Dokter Gigi Umum!

Dokter gigi anak Bekasi – Meskipun sama-sama bergerak dalam bidang kesehatan gigi dan mulut, dokter gigi umum (drg) dan dokter gigi anak (Sp. KGA) ternyata memiliki kompetensi tambahan yang berbeda. Jadi, pastikan Anda memilih dokter paling kompeten di bidangnya untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi buah hati tercinta.  

Dokter Gigi Anak VS Dokter Gigi Umum

Pasti Anda sudah sering mendengar istilah dokter gigi umum (drg), lalu bagaimana dengan dokter gigi anak (Sp. KGA)? 

Sesuai namanya, dokter gigi anak telah dibekali pengetahuan yang lebih banyak sehingga mampu mengatasi masalah gigi dan mulut pada anak dari tingkat paling ringan hingga tinggi. Sedangkan dokter gigi umum hanya bisa mengatasi masalah umum saja. 

Apabila terjadi kasus yang sulit dengan tindakan yang lebih kompleks, maka penanganan akan dirujuk dan dilakukan oleh dokter gigi anak bekasi. 

Lebih dari itu, dokter gigi anak juga sudah mempelajari manajemen tingkah laku anak sehingga bisa menangani berbagai macam keluhan gigi dengan melihat karakter masing-masing anak. Seperti yang diketahui, struktur mulut dan gigi setiap anak berbeda dengan orang dewasa sehingga masalah yang muncul serta penanganan yang diberikan juga tidak sama.

Agar Anda lebih paham, berikut ini beberapa perbedaan tentang dokter gigi anak Bekasi dan dokter gigi umum:

  • Lama pendidikan
  • Gelar
  • Kompetensi pendalaman ilmu
  • Pasien yang diperiksa

Lebih Baik Dokter Gigi Anak atau Dokter Gigi Umum?

Memang dokter gigi umum lebih mudah dijumpai dibandingkan dokter gigi anak, terlebih di daerah-daerah tertentu. Maka dari itu jika anak Anda memiliki keluhan pada gigi atau mulut, sebagai penanganan pertama Anda bisa membawanya pada dokter gigi umum terlebih dahulu guna mendapatkan pemeriksaan tahap awal.

Apabila kasusnya tergolong sulit, biasanya dokter gigi umum akan merekomendasikan dokter gigi anak untuk mengambil tindakan lanjut. Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa daftar SOP (Standard of Procedure) yang umumnya dilakukan Sp. KGA:

  • Melakukan pemeriksaan pada gigi anak, meliputi penilaian risiko karies dan sebagainya
  • Memberikan perawatan gigi preventif, meliputi perawatan pembersihan, fluorida hingga merekomendasikan gizi dan diet
  • Dokter gigi anak juga memberikan konseling kebiasaan seperti bimbingan penggunaan empeng hingga kebiasaan menghisap jempol pada anak
  • Memberikan penilaian dan perawatan awal bagi anak dengan struktur gigi tidak rapi serta melakukan koreksi gigitan yang tidak tepat
  • Berikutnya juga akan diberikan perawatan terhadap gigi berlubang
  • Melakukan pencabutan gigi susu
  • Juga melakukan pemasangan behel (kawat gigi) khusus anak
  • Selanjutnya dokter akan melakukan diagnosis terhadap masalah gigi yang berpotensi berisiko terhadap masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung bawaan hingga diabetes tipe 1.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai perbedaan dokter gigi umum dan dokter gigi anak. Setelah mendapatkan informasi di atas, kini Anda telah mengetahui jika gigi yang membutuhkan penanganan lebih komplit wajib dirujuk ke dokter gigi anak Bekasi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *