Genset

Ini 8 Cara Perawatan Genset Dijamin Tahan Lama

Meskipun saat ini PLN sudah men-supply listrik yang dapat diandalkan untuk jutaan rumah dan bisnis. Namun, masalah mati listrik masih sering terjadi baik karena adanya bencana alam, maupun kejadian lainnya. Untuk mengatasi ini, kebanyakan orang menggunakan genset. Agar genset bisa digunakan lebih lama, Anda harus bisa melakukan cara perawatan genset berikut:

  1. Simpan Genset di Tempat Kering dan Aman

Supaya mesin genset dapat berfungsi secara optimal tanpa terjadi masalah. Anda harus menyimpannya di tempat yang kering dan aman.

Jika Anda meletakkan genset di mana saja, dikhawatirkan akan terkena air, sorotan matahari dan keadaan lain yang memicu genset jadi mudah rusak.

  1. Merawat Genset

Anda harus merawat genset sebaik mungkin dengan mengetahui cara perawatan genset. 

Bersihkan genset serta radiatornya dari debu, kotoran, dan air yang mengenainya secara teratur. Hal ini dilakukan agar genset tidak cepat rusak.

  1. Ganti Spare Part yang Usang

Jika spare part sudah digunakan sejak lama, dikhawatirkan fungsi genset kurang optimal. Hal ini lantaran genset telah termakan usia sehingga fungsinya berkurang.

Agar mengetahui bagian-bagian pada genset dan waktu yang pas untuk menggantinya, Anda bisa melihat dari buku panduan yang diberikan sat membeli genset.

  1. Matikan Genset Jika Terjadi Kejanggalan

Saat merasa ada keadaan yang janggal, seperti suara terlalu keras, getarannya terlalu kuat, Anda harus segera mematikan genset.

Pastikan selalu memeriksa genset untuk memastikan terjadi kejanggalan atau tidak. Anda juga bisa menanyakan pada ahlinya yang mengerti tentang genset.

  1. Operasikan Genset di Tempat yang Sirkulasi Udaranya Baik

Jika ingin mengoperasikan genset di tempat tertutup, Anda harus memerhatikan kondisi sirkulasi udara dalam ruangan itu. Hal ini agar gas buangan hasil dari proses pembakaran genset yang dikeluarkan melalui knalpot tetap terbuang.

Cara ini untuk menjaga kesehatan pengguna, dan menghindari kondisi mesin genset yang cepat panas.

  1. Cek Berkala Kabel-Kabel Pada Instrumen

Pastikan untuk rutin memeriksa kabel-kabel pada instrumen genset. Hal ini karena kabel-kabel tersebut menjadi bagian penting dari mesin genset yang harus dirawat.

  1. Rutin Memeriksa Oli Genset

Oli berperan penting sebagai perlengkapan genset. Karenanya, Anda harus rutin memeriksa mesin genset untuk memastikan mesin kekurangan oli atau sudah terisi penuh sesuai panduan.

Anda harus mengganti oli jika warnanya terlihat keruh dan ketika jumlah oli berkurang sesuai dengan ketentuan minimalnya. Namun, oli biasanya diganti setiap 6 bulan sekali, atau saat timbulnya masalah terkait oli mesin.

  1. Periksa Kondisi Bahan Bakar

Bahan bakar juga penting diperhatikan sebelum Anda mulai menggunakan genset. Ketika bahan bakar kurang, akan membuat genset cepat mengalami kerusakan karena kondisi kekeringan. 

Itulah cara perawatan genset agar tahan lama digunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *