Ice Machinejual mesin es

Pahami Cara Kerja Ice Machine dan Fungsinya

Ice machine merupakan sebuah mesin yang memiliki fungsi untuk membuat es batu secara otomatis dengan jumlah yang besar dan waktu yang singkat. Mesin yang satu ini biasanya digunakan di tempat atau industri yang selalu membutuhkan es. Misalnya saja cafe, hotel, restoran, supermarket, dan lainnya.

Dengan adanya ice machine ini, tentu akan lebih memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan. Sebab, selain tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak, ice machine ini juga dapat menghemat waktu pengerjaan dalam membuat es batu.

Cara Kerja Ice Machine

Berikut ini adalah beberapa cara kerja dari ice machine yang dapat membuat es batu secara otomatis dalam waktu yang singkat.

  1. Sistem Freeze

Pertama yaitu mesin pembuat es ini akan berada di dalam mode freeze. Kemudian, sistem refrigerasi mulai berjalan setelah kompresornya dinyalakan.

  1. Mengalirkan Air

Langkah berikutnya yaitu air akan mengalir dan disaring dengan menggunakan filter yang telah terpasang pada mesin. Air tersebut nantinya akan masuk menuju ke sebuah wadah penampungan melalui selang water inlet.

  1. Floating Tertutup

Setelah wadah penampungan tersebut sudah penuh dengan air, maka floating akan menutup water inlet secara otomatis. Oleh karena itu, aliran air tidak bisa lagi mengalir ataupun masuk ke dalam wadah.

  1. Water Pump

Komponen ice machine yang bekerja selanjutnya adalah water pump. Water pump ini akan memompa air untuk keluar menuju pipa distribusi. Kemudian, air akan mengalir ke dalam evaporator cetakan es batu. Proses tersebut akan berulang sampai beberapa kali.

  1. Proses Refrigerasi

Evaporator mempunyai suhu yang sangat dingin. Sehingga dapat membuat air menjadi beku dalam jumlah yang banyak. Pembekuan air ini terjadi secara perlahan karena air akan terus mengalir. Sehingga, semakin lama lapisan es akan semakin tebal.

  1. Setting Timer

Proses aliran air itu sudah diatur sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Umumnya, es batu akan terbentuk secara sempurna di dalam cetakan es dalam kurun waktu kurang lebih 15 menit.

  1. Hot Gas Valve

Setelah cetakan es batu telah terisi penuh dengan air beku, maka mesin akan secara otomatis menyalakan fungsi hot gas valve. Fitur ini kemudian akan menghasilkan suhu panas dalam evaporator.

  1. Output Es Tube

Panas yang dihasilkan oleh sistem hot gas valve tersebut nantinya bisa membantu untuk mendorong es tube yang sudah terbentuk dalam cetakan menuju ke dalam wadah penampungan.

  1. Sistem Berulang

Sistem yang ada di dalam ice machine akan terulang lagi dari awal proses pembuatan es setelah es batu sudah berhasil keluar dan dipotong dengan menggunakan pisau yang sudah tersedia.

Demikian penjelasan mengenai cara kerja ice machine yang perlu diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *