Alat Masak

Sous Vide Machine, Solusi Memasak Dengan Lebih Praktis

Bagi kebanyakan masyarakat umum, mungkin masih asing dengan Sous Vide Machine. Namun, alat memasak yang satu ini telah banyak digunakan di beberapa restoran mewah untuk menghasilkan berbagai macam hidangan kualitas premium, baik itu untuk jenis menu internasional maupun menu nusantara. 

Apa Itu Mesin Sous Vide?

Mesin Sous Vide atau disebut juga sebagai Water Oven adalah alat yang digunakan untuk memasak makanan dengan teknik Sous Vide. Alat ini memiliki ukuran yang menyerupai microwave dan sangat mudah untuk dioperasikan. 

Sous Vide sendiri merupakan teknik memasak dengan memasukan bahan makanan ke dalam plastik kedap udara lalu direndam ke dalam wadah berisi air dengan suhu tertentu. Proses memasak dengan teknik Sous Vide biasanya membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung dari tingkat kematangan bahan makanan yang diinginkan. 

Bagaimana Cara Memasak Menggunakan Mesin Sous Vide?

Cara memasak makanan dengan menggunakan mesin Sous Vide bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini: 

  • Pertama, siapkan bahan makanan yang akan dimasak dan masukkan ke dalam plastik kedap udara
  • Setelah itu masukkan air ke dalam Sous Vide Machine
  • Aturlah suhu serta lamanya waktu memasak sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk memasak iga sapi seberat 700 gr, Anda perlu mengatur suhu 85oC selama 12 jam. Sementara untuk memasak ikan salmon dengan berat 200 gr dan tebal 4 cm memerlukan waktu 40 sampai 50 menit dengan suhu 55o
  • Jika suhu dan waktu telah diatur dengan benar, masukkan plastik kedap  udara yang berisi bahan makanan tersebut ke dalam mesin Sous Vide
  • Biarkan hingga bahan makanan selesai dimasak

Bahan makanan yang telah dimasak menggunakan mesin Sous Vide bisa Anda olah kembali dengan memanggang atau menumisnya sebentar. Jika waktu penyajian masih lama, Anda juga bisa menyimpan bahan makanan tersebut ke dalam kulkas. 

Demikianlah ulasan tentang Sous Vide Machine sebagai solusi memasak yang lebih praktis. Dengan menggunakan mesin Sous Vide, Anda bisa memasak hidangan favorit sekaligus mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *